Rabu, 19 Oktober 2011

REPEATER





REPEATER (bekerja pada Physical Layer) Digunakan untuk mengatasi keterbatasan (jarak, kualitas sinyal) fisik suatu segmen jaringan. Dapat juga digunakan untuk menggabungkan beberapa segmen suatu jaringan yang besar (misalnya Ethernet to Ethernet)
Namun dalam membangun jaringan fisik yang besar, perlu diperhatikan bahwa aturan panjang kabel maksimum tidak dapat dilampaui dengan menggunakan repeater ini. Contohnya, kabel coaxial 50 ohm pada Ethernet hanya bisa total sampai 2,3 km dan batasan ini tidak dapat diatasi dengan menggunakan repeater.

1.      Karakteristik

a.       Panjang kabel yang digunakan mempengaruhi kualitas komunikasi
b.      Atenuasi
c.       langi Repeater sinyal
d.      Bersih dan meningkatkan transmisi digital
e.       Jaringan analog menggunakan amplifier untuk meningkatkan sinyal
f.       Repeater hanya bekerja dengan sinyal fisik
g.      Tidak dapat memformat, mengubah ukuran, atau memanipulasi data
h.      Lapisan fisik (lapisan 1) Perangkat

2.      Cara Kerja

Saat PTT HT Ditekan ( ia akan memancar pada Freq A ) Bag RX repeater (frequency :A) menerima informasi dari radio HT tsb, maka bag rx aktif, dan COR akan langsung menggerakkan bag transmit (TX ) yang secara bersamaan informasi yang  diterima tsb dipancarkan kembali oleh bagian TX ( B). dan pancaran tsb dapat diterima oleh HT lain dilapangan pada Frekwensi receive HT ( B )  Demikian pula saat HT lain mengudara untuk menjawab atau memanggil prosedur tsb kembali berulang
Repeater pada umumnya diletakkan disuatu tempat ketinggian ,antennanyapun ditinggikan lagi yang biasanya diletakkan diatas tower sehingga jangkauan pancaran akan lebih jauh. Semakin tinggi letak repeater, maka akan lebih jauh pula daya jelajahnya.  Seringnya repeater diletakkan disuatu lokasi yang  tinggi misalnya di puncak Gunung, atau Bukit , Antennanya pun  di instalasikan ditower yang cukup tinggi.
Memperkirakan jarak jangkau repeater, secara sangat sederhana adalah dengan melihat area dari lokasi tsb dengan mata kita, bila yang terlihat sangat luas, maka hampir dapat dipastikan, sejauh mata kita memandang, sampai sanalah  area yang dapat dicover oleh repeater itu, ( Line Of Sight ) Mengingat keterbatasan daya pandang, dapat saja coveragenya lebih jauh dari pandangan kita. Peformance sebuah repeater dipengaruhi pula oleh ,daya pancar repeater, sensitivitas, serta sel;ektivitas dari repeater itu sendiri. Untuk meningkatkan  kekuatan pancaran, selain meletakkan repeater pada tempat yang tinggi, maka  digunakan pula Antenna dengan penguatan ( gain ) yang besar.

3.      Keuntungan dan Kerugian

Ø  Keuntungan menggunakan repeater
a.       Memperpanjang jarak fisik jaringan
b.      Jangan serius mempengaruhi kinerja jaringan
c.       Khusus terhubung media yang berbeda
d.      Tembaga untuk serat
Ø  Kekurangan menggunakan repeater
a.       Tidak dapat terhubung jaringan yang berbeda arsitektur
b.      Token Ring dan Ethernet
c.       Tidak dapat mengurangi lalu
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: REPEATER; Ditulis oleh Nightmare Blogger; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar